Konversi ke PDF dari Word Beserta Bookmarks-nya

No Comments

Konversi ke PDF dari Word Beserta Bookmarks-nya

Portable Document Format (PDF) merupakan salah satu jenis file terkenal untuk membaca dokumen. File ini berisi dokumen yang identik dengan naskah cetak. Hampir kebanyakan platform dari desktop hingga mobile dapat membaca jenis file ini.

Microsoft Word (MS Word) merupakan text editor terkenal dari Microsoft. Salah satu fasilitas pada MS Word yang sangat membantu adalah Automatic Table of Contents (TOC). Dengan mengeset Heading tertentu, secara otomatis MS Word akan mengisi daftar isi di lokasi tertentu di bagian awal, termasuk juga daftar gambar dan tabel.

PDF reader kebanyakan memiliki fasilitas untuk me-link daftar isi dengan kontennya lewat fasilitas bookmark. Bookmark bisa diisi manual dengan create bookmark atau secara otomatis ketika konversi dari MS Word ke PDF. Postingan ini menunjukan bagaimana cara mengkonversi MS Word ke PDF disertai dengan bookmark.

Save As

Cara tercepat adalah dengan fasilitas Save As yang ada pada MS Word. Namun sedikit utak-atik karena tersembunyi.

Di bawah pilihan PDF (*.pdf) tekan More Options .. untuk membuka jendela lanjutan. Tekan Option untuk memilih Bookmark.

Pada checklist Create Bookmarks using dilanjutkan memilih heading.

Tekan Ok dilanjutkan dengan Save. Selesai sudah, silahkan coba akses PDF, misal dengan Foxit PDF Reader.

Lihat, bookmarks di kiri muncul secara otomatis. Fasilitas ini memudahkan membaca karena dapat langsung mengarah ke sub-bab tertentu dengan mengklik bookmarknya. Sekian semoga bermanfaat.

 

sumber : https://rahmadya.com/2022/09/22/konversi-ke-pdf-dari-word-dengan-bookmark/

 

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.